“Kampung Idiot”, Potret Suram Di Tengah Carut Marut Tanah Air



Potret kehidupan di Indonesia yang sangat miris dan sangat memprihatinkan ternyata masih ada dan terjadi di daerah Ponorogo, Jawa Timur. Di daerah tersebut terdapat sebuah desa yang kondisinya sangat memrihatinkan dimana hampir seluruh penghuni desa tersebut mengalami gangguan mental dan hidupnya sangat miskin.

Bahkan puluhan warga di desa ini hidup bergantung dari bantuan orang lain, baik untuk makan dan semua kebutuhannya. Bahkan dalam kondisi sakit, mereka kebanyakan tidak mampu berobat dan sudah dilaporkan ada 7 orang yang meninggal dunia. Yang lebih memprihatinkan, kepala desa tidak bisa berbuat banyak karena anggaran untuk warga miskin di desa ini sudah dihentikan dua tahun yang lalu.

Sementara saat ini salah satu warga di desa itu yang kondisinya sangat parah adalah Senen, dimana dirinya hanya tinggal di gubuk 3×2 meter dengan menderita retardasi mental atau idiot parah, dan tak diobati oleh keluargnya. Selama puluhan tahun dia dibantu oleh saudara dan tetangga kanan kirinya.

Untuk makan sendiri Senen diberi makan ala kadarnya. Semakin parah sakitnya dan tidak ada satupun keluarga yang mau merawatnya. Anak dan istri pun juga tidak punya sehingga dirinya harus melawan rasa sakit sendirian di tempat yang sangat kecil tersebut.

Total di desa ini ada 54 warganya yang mengalami sakit parah dan mengalami mengalami retardasi mental atau idiot. Sementara asal muasal penyakit idiot ini terjadi karena dulu desa ini sangat miskin dimana daerah yang tandus, dan miskin, banyak bayi tumbuh kurang gizi bahkan idiot.

Sebelumnya desa ini masih mendapat bantuan dari Kementrian Sosial dan Pemkab Ponorogo. Bantuan tersebut seperti fasiltas perawatan kesehatan gratis bagi warga idiot. Namun sejak dua tahun terakhir, semua bantuan tersebut dihentikan. Akibatnya, saat ada warga idiot yang sakit tak bisa berobat. Hal ini memang sangat memprihatinkan ketika para pejabat berebut kekuasaan dan beberapa oknum melakukan korupsi, namun rakyatnya benar-benar menderita hingga mati kelaparan tanpa ada yang mengurus.

SUMBER : http://www.banyakbaca.com
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar